Jumat, 03 Agustus 2012

Virgin Gold Mines Corporation? Segera keluar dari sana!

Virgin Gold Mines Corporation? Segera keluar dari sana!

Perusahaan ini dengan singkatan VGMC benar-benar adalah sebuah perusahaan tanpa wujud yang jelas. Dan, yang paling saya takutkan, adalah sebuah usaha menipu habis penduduk Indonesia yang naif, ingin cepat kaya.

Dengan mudah anda bisa mencari bukti bahwa perusahaan ini sangat diragukan.

Di internet informasi tentang mereka telah lama beredar dan anda akan temukan banyak sekali orang-orang yang telah "berteriak" memperingatkan anda tentang bahaya perusahaan ini. Salah satu contohnya saya berikan di sini. Tautan ini berasal dari sebuah forum di Panama, negara di mana perusahaan itu diklaim berasal.

http://www.panamaforum.com/business-panama/39979-virgin-gold-mining-corporation-scam.html
 Bisnis Investasi Emas VGMC adalah Penipuan

Yang akan saya jelaskan berikut ini tidak berhubungan dengan "keunikan" konsep investasi mereka yang konon akan membawa kekayaan kepada para investor (baca: korban) mereka. Penjelasan ini didasarkan pada fakta-fakta sederhana yang tidak mereka miliki seandainya mereka adalah sebuah perusahaan yang legitimat.

Telah lama saya menahan-nahan diri untuk tidak memberikan peringatan kepada teman-teman dan siapa saja di luar sana yang mungkin akan terjebak dengan penipuan ini. Kali ini, saya benar-benar tidak tahan untuk tidak menyampaikannya.


Pertama, buka situs mereka. Setiap perusahaan di dunia modern ini akan menyediakan laporan tahunan mereka. Apakah anda temukan laporan tahunan mereka? Tidak, bukan? Oke, anda bisa saja tertipu dengan alasan mereka belum IPO. Apakah menurut anda, hanya sesaat sebelum IPO-lah sebuah perusahaan kemudian menyusun laporan keuangan mereka dan mempublikasikannya? Naif sekali. Bursa saham di manapun di muka bumi ini akan menolak sebuah perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan. Apalagi yang selama hidupnya belum pernah menyampaikannya.

Anda pernah mengikuti arisan RT atau kantor di mana anda menjadi anggota dan anda menyerahkan uang anda untuk mereka kelola? Apakah anda tidak pernah ingin mengetahui bagaimana kondisi keuangan arisan tersebut? Apakah uang anda aman, apakah bendahara anda jujur, dsb?

Nah, kalau anda sekarang menyerahkan sejumlah uang (jangan bilang hanya beberapa ratus ribu rupiah! Oh, itu, kan Panama!) kepada seseorang di seberang laut sana, apakah anda tidak ingin mendapatkan informasi keuangan dari mereka? Oke, anda bisa saja diberikan laporan keuangan oleh mereka, tapi mengapa tidak publik? Mengapa tidak semua orang lain yang secara potensial menjadi investornya? Tidakkah perusahaan-perusahaan publik di Indonesia--yang saya maksud publik di sini tidak hanya perusahaan yang telah mencatatkan dirinya di bursa saham, namun termasuk perusahaan yang mengumpulkan dana dari publik!--menyampaikan informasi keuangannya di situs mereka? Coba saja periksa!

Lalu mengapa VGMC tidak menyampaikannya? Siapa auditornya kalau memang ia memiliki laporan keuangan dan telah diaudit? Sebuah kantor akuntan di Panama juga, kah?

Di bagian paling bawah saya akan tunjukkan tautan ke sebuah laporan tahunan agar anda bisa membandingkan kredibilitas perusahaan emas betulan (dalam contoh ini adalah Barrick) dengan perusahaan VGMC, jika anda pernah menerima sebuah "laporan keuangan" darinya.

Kedua, ambil perusahaan tambang emas bernama Barrick, alamat barrick.com, sebagai pembanding situs VGMC itu. VGMC mengklaim bahwa mereka memiliki tambang. Di mana? Amerika Selatan dan Afrika? Oke, di mana di kedua benua itu? Bisakah anda tunjukkan?

Mari kita periksa situsnya di alamat http://vgmc.com/operations_gold_mining.aspx. Apakah anda akan menemukan lokasi tambang mereka di alamat itu? Lucu sekali jika yang disampaikan di sana justru kendala-kendala yang dihadapi oleh sebuah perusahaan untuk menemukan, menambang, dan mengolah emas. Keluh kesah? Investor hanya diberikan keluh-kesah?

Mari bandingkan dengan situs Barrick. Dengan sub-bagian yang nyaris sama, "Global Operations". Coba anda lihat, informasi apa yang dibukakan ke hadapan anda di alamat ini: http://www.barrick.com/GlobalOperations/NorthAmerica/Cortez/default.aspx.

Terus-terang saya paling suka menggunakan laporan tahunan perusahaan ini, terutama laporan keuangan tahun 1999 . Di sana, di dalam laporan tersebut, saya bisa membayangkan betul kekayaan perusahaan ini--dan kekayaan investor mereka, tentu saja--seandainya mereka memiliki perusahaan ini. Mengapa? Karena tambang mereka jelas, titik lokasi mereka betul-betul ada, dan seandainya saya ke sana, saya akan temukan tambang itu dan jika saya gali, saya akan temukan cadangan yang mereka klaim mereka punya. Bukan hanya sekuning isi septic tank!


Mari kita lihat lagi situs VGMC dan renungkan apa maksud mereka di kalimat ini,

There is no reason to regret the fact that Virgin Gold has yet to own a gold mine outright, even after a decade in this business. It is rather a testimonial of how prudent this corporation is in its decision making and toward fulfilling its responsibility to its shareholders.... We are sure that at the appropriate time and with the right opportunity, Virgin Gold will have outright ownership in some of the better gold mines worldwide.
( Tidak ada alasan untuk menyesali fakta bahwa Virgin Gold belum memiliki tambang emas langsung, bahkan setelah satu dekade dalam bisnis ini. Namun lebih merupakan kesaksian tentang bagaimana bijaksana perusahaan ini adalah dalam pembuatan keputusan dan dalam memenuhi tanggung jawabnya kepada para pemegang saham .... Kami yakin bahwa pada waktu yang tepat dan dengan kesempatan yang tepat, Virgin Gold akan memiliki kepemilikan langsung di beberapa tambang emas yang lebih baik di seluruh dunia.)

Halo...sebuah perusahaan tambang emas, tanpa tambang? Hey, bukankah jika anda ingin punya sebuah toko emas, maka yang anda lakukan adalah mencari emas, bukannya mengatakan bahwa setelah 10 tahun anda mendirikan toko emas anda dan anda tidak punya emas adalah karena anda berhati-hati? VGMC mengatakan bahwa mereka memang tidak memiliki tambang emas karena mereka berhati-hati! Atau, apakah maksudnya dari awal adalah bahwa anda harus berhati-hati terhadap perusahaan ini? Dan jangan menangis-nangis darah jika uang anda hilang ditelan oleh bumi?

Ketiga, ini benar-benar lelucon yang dimiliki VGMC. Sebuah perusahaan yang tidak terdaftar di bursa manapun, namun menjual saham! Dan saham itu langsung dijual kepada investor.

Adakah perusahaan yang legitimat melakukan hal seperti itu? Tentu saja ada. Anda bisa membeli saham perusahaan teman anda, orang tua anda, atau saudara anda tanpa perlu perusahaan itu masuk ke bursa dan anda langsung membeli kepada perusahaan itu.

Di dalam dunia bisnis modern hari ini, keamanan investor harus dijamin oleh pemerintah. Untuk itu pemerintah menetapkan aturan-aturan yang menjamin keamanan dana yang dihimpun dari investor dengan membuat aturan, di mana keberadaan bursa adalah salah satu bentuk penjaminan keamanan tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan yang membutuhkan dana tidak boleh menjual langsung sekuritasnya kepada investor. Harus melewati pasar modal. Anda tidak datang ke Bank BNI untuk membeli saham Bank BNI. Anda harus ke BEI untuk membeli saham Bank BNI. Anda harus ke BEI untuk membeli saham PT. Aneka Tambang, contohnya.

Jika VGMC bukan perusahaan yang terdaftar di bursa manapun, apakah boleh ia menjual sahamnya kepada investor? Ya, tentu saja boleh, sama dengan analogi anda membeli saham perusahaan ibu anda di atas. Tapi, jangan salahkan pemerintah jika anda tidak terlindungi dari penipuan, kecurangan, atau, dengan bahasa yang lebih halus, kegagalan perusahaan ini dalam usahanya.

Investor di pasar modal dilindungi dengan undang-undang sehubungan dengan pasar modal. Kinerja perusahaan dilegalisasi oleh kantor akuntan publik yang tunduk pada undang-undang akuntan publik. Uang yang anda depositokan di bank dilindungi dengan undang-undang perbankan dan aturan-aturan bank sentral yang lain.

Lalu, anda dilindungi oleh siapa pada investasi anda di VGMC? Undang-undang negara mana? Panama? Pernah lihat produk hukum apa yang akan melindungi anda?

Terakhir, di tautan di bawah ini terdapat daftar perusahaan tambang mineral di dunia. Apakah anda bisa menemukan VGMC di sana? Jika anda pilah perusahaan-perusahaan tersebut menjadi hanya perusahaan di Panama, anda juga tidak akan menemukannya, bukan?


Mengapa? Bukan perusahaan tambang emas? Ya, kan, sudah disebutkan di atas bahwa mereka tidak punya tambang? Lalu, emas yang anda beli itu emas siapa?

Lalu, apakah anda benar-benar telah memegang emas yang anda punya? Berapa gram? Seperti apa wujudnya? Anda simpan di mana di rumah anda? Sebuah kertas yang menyatakan bahwa anda memiliki emas? Ah, yang benar saja! Saya juga bisa berikan ke anda kertas sejenis.

Pemikiran pandir saya mengatakan bahwa (1) untuk membeli emas, saya harus datang ke toko emas yang saya percayai, (2) dan saya harus pulang dengan sebongkah emas; (3) saya tidak bisa pulang hanya dengan selembar informasi bahwa saya memiliki emas, dan hanya "dibujuk" dengan kenaikan harga emas milik saya saja; (4) jika saya ingin keluar dari bisnis emas, maka dengan mudah saya akan dapatkan semua uang saya SEMUA, SEKALIGUS dan (5) saya harus dengan mudah masuk dan keluar pasar emas sekehendak hati saya karena investasi saya dalam bentuk emas, logam paling mudah diperdagangkan di dunia, dari dulu hingga masa depan.

Saya tidak yakin VGMC bisa memenuhi satupun dari persyaratan pandir saya di atas. Saya sangat curiga bahwa perusahaan itu hanyalah sebuah perusahaan permainan uang (money game) dan mereka sedang menyedot uang dari mereka yang naif yang yakin bahwa kekayaan itu bisa diperoleh secara instan.

Anda yang telah menikmati uang dari VGMC mungkin akan mengira bahwa saya menjelek-jelekkan perusahaan ini. Kalau tidak puas dan menganggap bahwa saya hanya sedang menjelek-jelekkan perusahaan itu, silakan tuntut saya di muka hukum. Syaratnya, coba tarik dana anda dan dana orang-orang yang pernah anda ajak sebanyak yang telah anda tanamkan dan tunjukkan kepada saya bahwa uang anda telah selamat!

Jika anda tidak bisa keluar dari sana, atau anda tidak ingin keluar dari sana, silakan saja. Tugas saya hanya mengungkapkan betapa tidak normalnya bisnis emas tanpa emas, tanpa tambang emas ini. Banyak orang lain, mungkin, akan tercegah dari bencana dengan membaca satu dari banyak artikel yang telah mencoba memberi peringatan.

Oh, ya, perusahaan itu di Panama bukan? Bisakah mereka menjelaskan mengapa nama-nama eksekutif mereka dan perusahaan mereka tidak bisa ditemukan di Panama menggunakan alat pencarian di bawah ini?


Berikut adalah tautan-tautan tentang kemustahilan money game, skema ponzi, dan sejenisnya untuk gagal total.



Perbaruan 14 Juni: 
Tautan dari blog alumni Jurusan Akuntansi FEUA, yang telah menginvestigasi apa-yang-disebut-dengan-kantor cabang VGMC di Padang.
Plus

 http://2eyes2ears.blogspot.com/2012/06/virgin-gold-mines-corporation-segera.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Trending Topic

AWAS PENIPUAN BERKEDOK BISNIS INVESTASI